Mengatasi Nyeri Sendi Akibat Asam Urat Saat Mudik Lebaran

Jika Geng Sehat dan keluarga berancana mudik tahun ini, ingat-ingat apakah ada anggota keluarga yang punya remetaik atau kelainan sendi lainnya? Jika iya, maka harus dilakukan antisipasi agar mudik tetap nyaman dan gejala nyeri tidak kambuh.

Nyeri punggung dan  nyeri persendian selama perjalanan mudik tentu akan mengurangi kebahagiaan mudik untuk bertemu keluarga. Nyeri sendi merupakan keluhan yang sering ditemukan para pemudik. Bahkan pada orang tanpa penyakit sendi pun, duduk diam dalam waktu lama bisa mengalaminya.

Perhatian lebih harus diberikan pada penderita penyakit kronis. Misalnya diabetes, hipertensi, atau memiliki riwayat sakit jantung. Selain itu penderita asam urat dan rematik pun harus melakukan persiapan agar tidak kambuh di perjalanan.

Baca juga: Ternyata, Vitamin C Dapat Membantu Menurunkan Asam Urat!

Mengatasi Nyeri Sendi Akibat Asam Urat

Berikut ini beberapa langkah antisipasi mengatasi nyeri sendi akibat asam urat, selama melakukan perjalanan jauh:

1. Siapkan Es Batu

Tidak ada salahnya membawa sekotak es batu yang disimpan dalam cooler box. Tujuannya adalah sebagai pertolongan pertama mengatasi nyeri sendi akibat asam urat. Saat sendimu terasa nyeri akibat asam urat yang kambuh, letakkan es batu di area yang nyeri.

Bungkus es batu dalam platik kemudian lapisi dengan kain bersih atau sapu tangan. Jika membawa es batu dan termos dirasa terlalu merepotkan, Kamu bisa menggantinya dengan kaleng minuman dingin yang dibeli di supermarket ya Gengs.

2. Jangan Memakai Pakaian Ketat

Nyeri sendi saat mudik bisa saja dsebabkan karena tubuhmu tidak bisa bergerak bebas. Saat di dalam kendarakan sebisa mungkin gerakkan kaki dan badanmu agar otot-ototmu terasa lebih ringan. Dengan begitu, sebaiknya upayakan untuk tidak menggunakan pakaian yang ketat terutama celana jeans. Karena jeans dapat mempersempit ruang gerak kakimu.

3. Konsumsi Makanan yang Tepat

Menjaga asupan makanan merupakan hal terpenting dalam menjaga agar asam urat tidak kambuh. Apalagi saat Kamu mudik di bulan puasa, jangan sembarangan ya Gengs saat berbuka atau sahur di jalan.

Hindari makanan yang mengandung daging dan jeroan. Lebih baik ganti dengan asupan sayur segar dan buah-buahan agar tubuhmu ternutrisi dengan baik. Akan tetapi, hindari sayur yang mengandung puring seperti kembang kol ya Gengs.

Baca juga: Kelihatannya Menyehatkan, 5 Makanan Ini Sebenarnya Tidak Baik untuk Anak!

4. Minum Air Putih Cukup

Selain asupan makanan, kebutuhan air dalam tubuh pun harus diperhatikan. Hindari terlalu banyak meminum kafein atau minuman mnis. Sebaliknya, penuhi tubuhmu dengan air putih. Atau jika Kamu ingin merasakan yang berbeda, air lemon bisa dijadikan salah satu opsi karena baik untuk memulihkan nyeri sendi. 

5. Jangan Konsumsi Sembarang Obat

Sedang di perjalanan bukan menjadi alasan untuk memilih yang instan. Jangan coba-coba mengonsumsi asal obat ya Gengs. Seperti di supermarket atau di apotek sekalipun. Penyakit asam urat disarankan meminum obat sesuai dengan resp dokter. Jika Kmu tidak memiliki resepnya, sebaiknya jangan meminum obat ya.

6. Hindari yang Manis

Makanan manis memang bisa menambah energi dan meningkatkan mood. Tapi, bagi yang memiliki asam urat asupan gula yang terlalu banyak dapat memicu otot-ototmu seperti menegang. Yang berujung pada nyeri persendian.

7. Lakukan Peregangan

Nah, yang satu ini cukup fundamental Gengs saat mudik. Yaitu meregangkan seluruh anggota tubuh. Jika Kamu menggunakan kendaraan pribadi, mampirlah terlebuh dahulu di tempat peristirahatan untuk melakukan stretching. Begitu pun di dalam mobil, gerak-gerakan tangan, kaki, dan lehermu supaya badan lebih terasa segar. 

Kamu bisa ikuti gerakan peregangan dari video berikut:

[embedded content]

8. Hindari Setres

Mungkin poin ini terdengar absurd. Tapi, apapun yang terjadi pada tubuhmu pikiranmu lah yang mengendalikannya. Jangan mudah setres dan terpancing emosi ya Gengs selama di perjalanan. Meskipun terjebak macet, tetap nikmati perjalanan ini dengan membayangkan akan bertemu keluargamu di kampung halaman.

Nyeri sendi akibat asam urat sering dianggap sulit untuk disembuhkan. Tapi, Kamu bisa mencegah dan mengatasinya dengan mempersiapkan secara tepat. Perhatikan 8 poin ditas dan konsistenlah melakukannya. Selamat mudik dan hati-hati di jalan ya!

Baca juga: Jangan Stres Gengs, Ini Dampak Buruknya terhadap Kecantikan!

Referensi:

Helathcentral. Gout travel tips.

Whatbaoundariestravel.com. Traveling with gout. 

Goutandyou.com. Gout and travel. 

BERITA INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA GUE SEHAT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori