Hindari 8 Makanan Ini Jika Anda Ingin Tidur Nyenyak

4. Cokelat

Anda mungkin tidak minum kopi sebelum tidur, tetapi hanya makan cokelat. Padahal, pada dasarnya sama saja.

Satu ons cokelat mengandung sekitar 23 miligram kafein, yang merupakan seperempat dari jumlah dalam secangkir kopi. Jadi, makan cokelat sebelum tidur mungkin lebih baik dihindari.

5. Air putih

Bukannya air putih bagus? Mengapa harus dihindari? Sebab, terlalu banyak minum air putih akan membuat Anda terbangun tengah malam untuk kencing. Selain itu, rasa kebelet juga akan menganggu tidur Anda.

Minum air putih yang cukup – 2 liter per hari – memang harus dilakukan. Namun, saat waktu menjelang jam tidur minum sebanyak itu bukanlah ide yang baik. Gantinya, Anda disarankan untuk mencukupi kebutuhan air minum saat siang hari dan sekitar waktu makan malam. Bukan saat menjelang tidur.

6. Kopi

Untuk yang satu ini, sudah tidak mengherankan. Kandungan kafein bisa membuat Anda terjaga, sehingga perlu dibatasi jam konsumsi dan jumlahnya. Sebaiknya, paling lambat pada sore hari, bukan saat menjelang tidur.

7. Es krim rasa kopi

Makan hidangan penutup setelah makan malam, sah-sah saja. Sayangnya, jika Anda memilih es krim rasa kopi, apalagi yang memang mengandung kopi asli dan memiliki kadar kafein tinggi, tidur Anda tidak akan nyenyak.

“Jika bisa, kurangi konsumsi es krim rasa kopi sebelum tidur. Waspadai juga kafein tersembunyi di camilan bentuk bar, yang bisa mengandung biji kopi. Pastikan es krim yang Anda makan sebelum tidur bebas kafein,” ujar Christopher Winter, MD, presiden dari Charlottesville Neurology and Sleep Clinic.

8. Minuman olahraga

Minuman olahraga atau pembentuk tubuh, seperti susu atau protein bubuk, sering mengandung kafein untuk meningkatkan kinerja atlet. Jangan meminumnya mendekati waktu tidur, dan periksa label di minuman protein Anda ketika menyelesaikan sesi olahraga untuk memastikan kafein tidak bersembunyi di dalamnya.

“Pastikan minuman olahraga yang Anda konsumsi sebelum tidur adalah minuman yang diperuntukkan pasca-latihan, bukan pra-olahraga. Pasalnya, minuman yang dikhususkan untuk pra-olahraga biasanya mengandung banyak kafein atau stimulan,” kata Dr. Winter.

Itulah deretan makanan yang dianjurkan untuk dihindari jelang tidur supaya Anda bisa tidur nyenyak. Selain itu hentikan kebiasaan ngemil selepas makan malam.

[MS/ RVS]

BERITA INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA KLIK DOKTER

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori